Dataset From A Goal

Berbicara tentang sepakbola, atau olahraga pada umumnya, tidak lepas dari peran statistik. Di berbagai pertandingan sepakbola, statistik pertandingan seakan menjadi pedoman bagi penonton untuk dapat berlagak sedikit pintar bak komentator handal. Karena, tidak jarang jalannya pertandingan justru terbaca jelas melalui statistik seperti ball possession, pass completed, shoot on goal, dan lainnya. Tak banyak yang tahu bahwa di balik data tersebut ternyata ada sekelompok tim yang setiap pertandingan merekam jalannya pertandingan beserta seluruh elemen yang ada di dalamnya.

Football Statistics

Opta, sebuah perusahaan asal kota London yang bergerak di bidang penyediaan jasa data merupakan sebuah organisasi supplier data pertandingan sepakbola paling populer. Dengan lebih dari 300 pelanggan di 40 negara dan jaringan dalam berbagai bahasa di Eropa, perusahaan ini telah banyak membantu klub-klub maupun pundit yang ingin mengetahui tidak hanya jalannya pertandingan, terlebih mengetahui statistik seorang pemain. Kita cukup paham dahsyatnya statistik sebagai scout di dalam film Moneyball. Berikut adalah video menarik dari Numberphile tentang anatomi sebuah gol.

Everything Is A Dataset

untuk menyediakan data dan analisa yang akurat, setiap pertandingan sepakbola di akhir pekan, akan dianalisa oleh beberapa pekerja yang menghitung detail pertandingan. Elemen-elemen ini mencakup operan yang sukses, penyelamatan gemilang oleh kipper, intercept yang baik oleh defender, maupun gol yang tercipta. Setiap elemen ini kemudian direkam ke dalam database dan diberi ID khusus. Contohnya, gol Andres Iniesta di final Euro 2012 lalu. Berikut adalah data yang tersimpan dalam satu gol itu saja.

Dataset of a goal

Published by

Rama Renspandy

Professional procrastinator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.